Selasa, 11 Desember 2012

College Life: I've Found My New Family

Gw kira kehidupan kuliah itu yaa gitu-gitu aja. Gw udah ngebayangin dari SMA kalo kuliah itu bakal santai, banyak liburnya, baju bebas, rambut sesuka lo, dan sebagainya. Kenyataannya, ngga jauh-jauh beda sih tapi ada satu perbedaan yang sangat dalem dan gw yang udah kuliah selama 2 tahun ini ngerasain kalo sebenernya gaya kuliah itu adalah pilihan.

Seperti yang dah pernah gw ceritain, gw dah pernah kuliah sebelumnya di HI UNPAD. Awal masuk ya gw seperti ngerasain perasaan yang ngga asing, dan pertama kali masuk kelas (telat) gw ngerasain orang-orang dengan hawa-hawa orang pinter. "Anjir ni gw harus bersaing dengan orang-orang ginian". Sampai akhirnya ospek lah yang menyatukan kita. Gw suka banget ya sama gaya ospeknya HI UNPAD ini, kalo boleh gw ceritain teknisnya, ospek HI UNPAD dibagi jadi 2, ada ospek fakultas dan jurusan. Ospek fakultas seperti biasa acara pengenalan dengan lingkungan kampus yang tatibnya gw rasa professional banget. Cuma acaranya ngga terlalu asik (mungkin karena kurang spesifik ke jurusan masing"). Terus dilanjutin ke ospek jurusan. Nah ini acaranya gw akuin asik banget dimana pembicaranya dari jurusan HI dan ngomongin masalah HI. Tapi yang paling seru, ospek jurusan bukan cuma seminar singkat doank, rangkaian acaranya ada games tentang strategi dan perang, dan intinya ada di Simulasi Sidang United Nations. Gw ngga bisa lupa pengalaman waktu itu soalnya gw jadi Chairperson disitu hahaha. Dan uniknya, rangkain ospek jurusan HI UNPAD ngga berhenti sampe situ.

Puzzle Penyatu Angkatan Ospek Jurusan: Reformist 2010

Ada tantangan baru bagi angkatan 2010 HI UNPAD dimana kami diminta untuk membuat acara Pekan Olahraga Angkatan (PORANG) dan Makrab yang pesertanya mulai dari 2010 sampai alumni HI UNPAD (bisa sampe angkatan 2002). Ini jelas tantangan besar dimana kami diceritakan kalo tahun lalu itu sempet ada yang rusuh gara" wasit atau masalah kecil lainnya. Karena kami ngga ingin ada masalah, akhirnya kami pun membentuk panitia dan mengusahakan yang terbaik. Disini mulai keliatan yang mana yang aktif yang mana yang tidak. Untungnya gw masuk salah satu yang aktif hohoho. Selama acara, gw ngerasa kita kerja bareng, ketawa bareng, pusing bareng, berantem bareng, semuanya serba bareng. Dan itu gw bener" ngerasain kalo kami itu bener" nyatu sebagai 1 HI UNPAD 2010. Sampai di puncak rangkaian acara, yaitu MAKRAB HI UNPAD 2010. Disini kami mampu ngenyewa tempat yang cukup luas dan dekorasi yang keren abis. Dan akhirnya sukses besaar dan saat itu gw dah kenal setiap orang di HI UNPAD 2010. Bener" pengalaman yang mungkin ngga akan gw alamin lagi seumur hidup gw.



Sewaktu Simulasi Sidang United Nations


Disinilah yang gw bilang kalo kehidupan kuliah itu adalah pilihan. Lo bebas mau ngelakuin apa aja yang lo mau. Lo bebas mau ngelewat apapun yang lo benci, dan semua punya akibatnya masing-masing. Dan setelah gw telusurin, ternyata orang-orang yang ngga aktif di acara PORANG dan MAKRAB HI UNPAD 2010 adalah orang-orang yang memiliki kesibukan di luar itu. Macem" kesibukannya ada yang sibuk di organisasi kedaerahan, ikut lomba-lomba, konferensi, ataupun hanya di kost an menikmati santainya kuliah. Orang-orang yang ikut di organisasi kedaerahan lebih teguh dan kuat tentang daerahnya. Orang-orang yang ikut lomba-lomba bakal lebih berkembang pemikirannya dan bisa dapet teman baru di luar kampus. Orang-orang yang menikmati santainya kehidupan perkuliahan di kost an pun tetap mendapat keuntungan dimana lo bisa 'santai' menikmati hidup. Menurut gw, semua itu bagus dan memiliki trade-off masing-masing, tinggal gimana lo mau milih trade-off yang mana.

And yes! This is HI UNPAD 2010

Siang ini gw lagi mikirin teknis proker yang sedang gw kerjakan. Jujur aja sih, selama ini baru kali ini gw se-hectic ini. Padahal, biasanya gw orang yang paling santai sedunia. Disini gw mulai belajar gw bebas milih mau ngerjain ini proker atau engga. Bisa aja kan gw lepas ini proker dan gw suruh aja yang lain sibuk, tapi dari situ gw ngga akan dapet pembelajaran apa-apa. Terus apa sih untungnya ikut organisasi kalo ternyata bakalan stress? Dengan lo ikut organisasi lo bisa tau sifat-sifat orang. Dengan lo ikut organisasi lo bisa dapet 'keluarga' lo yang susah dan senang selalu bareng. Pada akhirnya lo bebas memilih mau masuk 'keluarga' yang mana, asalkan tetap memikirkan apa yang akan terjadi nanti dan benefit serta trade-off apa yang akan lo dapatkan.


~Ocha

Rabu, 31 Oktober 2012

Nokia: The Downfall of The Titans

Which one of you doesn't know Nokia? Yeah, that giant company of handphone has been ruling the handphone industry since I was in elementary school. In my place, if someone has a handphone, that's must be Nokia. Known as the powerful build and design, also the user-friendly interface, Nokia is more preferred to be someone's handphone comparing to Samsung and Motorola (or others). But that's just an old story that isn't worth it anymore.

The new players just keep coming and coming. In Indonesia, we have that fever that someone preferred to buy China's handphone (like Nexian, CrossX, and others) because the price is just as low as an usb. Apple, known with the market destruction style, seize the handphone market with its iPhone. Also, that would indicate the era of smartphone that with just a phone, people can do anything, like taking pictures with high resolution, HD gaming, HD video recording, internet integration, and many more. With that development, new technologies are just keep coming and nowadays, people are just liking what Google produced as an open source operating system called Android. Samsung is the company that produced many kinds of this operating system. Android is more preferred because it's offering an open source style of operating system. With that kind, people can add their creativity to adjust their smartphone with their style. This kind of smartphone has ruling the handphone market and has made Nokia really going down to its market.

Nokia won't grab Android as their operating system. They just using their own operating system, like Symbian OS. They also cooperate with other operating system developer, like Microsoft with its Windows Phone Mobile, Meego, and others, but not Android. Just how stubborn can Nokia be when others are rocketing with Android?

In reclaiming the market situation now that has been ruled by Android and iOS, Nokia focusing on Windows Phone development. It's quite catchy, but not as far as Samsung with its Android that keep rocketing in the smartphone market. Sony also have a good start too with its strategy acquiring Ericsson and making Xperias Android smartphone. At last, only the one that meet the needs of users that can claim the market of smartphone today. Nokia also should have considered to make an agreement with Android so they can have the competitive market again.

~Ocha

Gesek Gesek Dulu

Yak, setelah sekian lama, akhirnya gw mulai menulis lagi. Kali ini mau nyeritain pengalaman gw yang baru aja tadi siang gw lakuin dan pake bahasa indonesia, soalnya lagi males pake bahasa inggris hehe. Semoga aja pengalaman gw bisa bermanfaat bagi orang-orang yang membacanya

Jadi ginii,
Motor gw Astrea Grand tahun 1997-an itu sudah waktunya ganti plat alias perpanjang STNK. Secara motor gw plat D alias asal Bandung, jadi untuk perpanjangnya ya gw harus ke bandung dulu. Gak mau repot lah gw, mana lagi UTS lagi, minta ortu yang ngurusin dengan ngirimin STNK gw ke rumah di Cilegon. Gw kira bakal gampang tinggal cet cet cet jadi terus kirim balik ke Jogja, eh ternyata harus pake gesek-gesek dulu. Ya gw sebagai mahasiswa tingkat awal yang masih polos ngga tau apa-apa disuruh gesek-gesek pake stiker dari SatLantas yang dikirim dari ortu gw. Katanya sih ada dua nomor, yaitu nomor rangka sama nomor mesin. Lah bingung kan gw, gesek-gesek apa pula iki.

Beruntunglah gw yang berasal dari keluarga kelas menengah ini punya internet yang selalu menemani sedih,senang, dan susah gw. Sebenernya tadinya gw diarahin buat cara ngegesek tuh stiker, tapi gw ngga dengerin. Pikir gw kan ada internet, semua juga ada disana, nyantelah ngga usah didengerin arahan yang bikin pusing doang. Lanjutlah dengan modal sotoy langsung aja gw search di Google 'cara melihat nomor mesin Astrea'. Keluar kan tuh semua breeet. Gw klik klik sotoy aja semuanya terus gw baca. Dan ternyata coy.. Ngga ada yang bener -_- Giliran ada yang mau ngasih tau, eh akhir-akhirnya malah ke bengkel dia. Parah banget. Pantang menyerah gw, sotoy lagi kan gw ngeliat-liat mana sih tuh nomor rangka ama nomor mesin. Dah gw liatin tuh motor ada kali lima menitan, ngga ketemu juga. Ternyata hidup emang ngga semudah yang gw kira.

Karena dah males akhirnya gw bawa aja ke bengkel besoknya sekalian nyari makan juga. Rencananya gw mau kelarin hari itu juga biar ngga makin banyak urusan gw (orang sibuk biasa). Langsung kan gw ke bengkel di daerah Pogung 'Mas, bisa gesek-gesek ngga?' 'Gampang Mas' Percaya gw ama si abangnya langsung aja gw sodorin motor gw untuk di gesek-gesek. Serada ngga rela juga sih, tapi mau gimana lagi, ngga digesek ngga bisa bawa motor. Gw liatin deh tuh cara-cara dia ngegeseknya, dimana sih perasaan kemaren gw liatin motor gw kagak ada tuh nomor gesek-gesek. Ternyata eh ternyata, nomornya itu sembunyi di bawah n di dalem bodynya. Jadi nomor mesin motor Astrea Grand Tahun 1997 an gw itu ada di bawah di sekitar tempat ganti gigi. Dan nomor rangkanya itu harus ngebuka sayap sebelah kiri sama bodynya dikit. Langsung aja tuh nongol nomor rangka. Dah digesek-gesek sama dia langsung aja lega gw ternyata ngga lama digeseknya. Begitu selse langsung aja gw kasih dua ribu, taunya dia mintanya sepuluh ribu. Kampret banget cuma gesek doank mintanya sepuluh ribu, yaudalah ini juga cuma 5 tahun sekali, anggep aja gw ngasih rejeki ke mereka.

Akhirnya semua urusan gesek-gesek selse, langsung aja gw kirim tuh stiker balik. Sebenernya kita ngegesek-gesek ginian sendiri juga bisa kalo nyarinya pantang menyerah, tapi ya karena gw mager pake beudh jadinya ke bengkel deh gw ampe keluar sepuluh ribu. Seenggaknya semua kejadian di atas memberi pesan lah bagi gw, lain kali jangan ke bengkel itu lagi.

Sekian aja deh, semoga cerita gw ngga garing-garing amat n memberi pencerahan buat yang mau gesek-gesek =)

~Ocha

Rabu, 06 Juni 2012

The Taste of MIB 3 [Spoiler Alert]

Just want to share (and a little spoiler for those who didn't watch yet) about my thoughts on MIB 3. This is just for fun, so, enjoy. =D

The First Thought.
I never watched MIB and MIB 2 before (technically, I've watched them but not the whole story and I count it as a never) so my first thought at the start of filming is "This is gonna be awesome, and it must be". I've known before at an article that says MIB 3 is a recommended movie to watch, so yeah, it must be an awesome movie.

The Beginnning Scene
Shows some hotness and jokes around at the start of the movie. And I say "Not bad". And then action as usual and nothing special here until agent K and J show themselves. With their character, they just fit in enough in this movie and actually, they are playing good and, oh, there's still a neutralyzer here as the icon of MIB. With jokes around and follow up by the action here and there, I still say that nothing special here. The story starts after the action ends.

Mid-Scene
This is when I think that the movie really starts. The confused matter between Agent J to his partner make this movie a little bit interesting. The information starts to gather around and from this scene, I start to make a few speculation about the story. First, when the monster got the device, he starts to show something about Agent K. After that, Agent K disappeared while holding the gun. I thought that Agent K is going back to the time that the monster saying using that gun. The movie showing some information again and my speculation is that the future Agent K is going to protect Agent J that going back to the time that Agent K is going, and die. I'm more convinced when Griffin came to the story and showing some information. And second, also the last, Agent J die because he is protecting the older Agent K (but I'm not too sure about this speculation because it's too mainstream and easy to guess). At last, all of my speculation was wrong.

The End
After all, this must be a touching story at the end because it shows that someone has to die in the end. And that's it, all of my speculation was wrong. The end it's not the way I wanted, it's just, in my mind, not very touching. I have to admit that it's out of my mind that the story will end like that, but it's not exceed my expectation. Not the same, but lower. Yeah, in the end, and to conclude, I just like watching the action and the jokes around.

I don't know if my taste is not good enough, but my rate for this movie is only 7/10
But overall, it's a worth movie to watch, and want to say that you better bring more friends rather than a girlfriend to this movie. I think it's more fun to watch this together. =)

And this would be the end of my review, thanks for reading =D

~Ocha

Rabu, 30 Mei 2012

New Blog (Yay!)

I've just created my official blog. I really wanted to create a blog but it just realized now after years. Haha. This is my first post, so I think I would like to introduce myself.

Hello, my name is I Gede Wibawa Cakramurti, but i prefer to be called Ocha or so as they say. I'm believing in Hindu. I'm single. I'm 20 years old now and I'm majoring accounting in Gadjah Mada University at Yogyakarta.  A year ago, I was in Padjadjaran University majoring International Relations that located in Bandung, or technically, Jatinangor. My prime language is Indonesia so my English is not as well as the native (well, as you see there will be many mistakes of grammar here, please don't be mad grammar nazi). Why I write this post in English then? As great people would say one doesn't simply stop studying in their life. So yeah, if you know what I mean.

I'm a proud one. Really proud of myself. My favorite food is pancakes. I love pancakes, especially with milk or ice cream (oh that would make it 3 favorites). I like playing basketball and keyboard, but now I rarely (or even not once) doing it again because of some circumstances. Let's just say it that I don't have the facilities to access my hobbies. Haha. I like it here in Yogyakarta, although not as big as I like Bandung, if you know what I mean. There so much lesson that I can take here in Yogyakarta, such as the cultures, the people, also the food (the most important). Yeah, with transferring to Yogyakarta from Bandung, I can compare much things and take the benefits for me.

My activities? Not as full as the others, just doing some college stuff, organization, and Inetting (Facebook, Twitter, Last.fm, Kaskus, and others). Therefore, I can sleep for approximately 8 hours per day. It's really good for your health you know and it also make me more focus when receiving lessons from the lecturer. When in spare time, I watch movies, download musics, TV Series (How I Met Your Mother and The Big Bang Theory), and playing online games (such as DoTA, WoW, and others). Yeah, it's a flat life, but I'm trying to make it as productive as it would be. For my own good and for the next paragraph.

I have a dream. Everyone has a dream and mine is not an extraordinary ones. I want to make the world into peace. I also want to be someone that known by every people in the universe. I want to be someone that appears in the history book or in the other famous books. Yeah, I know is a dream, but who knows? I think I'm on the right track to achieve all of that.

What else? I think that's just a dip of Ocha or as the theme of my blog. You will know me further if you keep tracking me on this blog. I hope that I can constantly write my ideas. Thanks for reading. =)

Follow me at @CakraOcha
My Facebook: Cakramurti Gede Wibawa (LuncentFacebook@yahoo.com)
I can be seen in Selasar FEB UGM, PogungBaru, and around Yogyakarta.