College Life: I've Found My New Family

Gw kira kehidupan kuliah itu yaa gitu-gitu aja. Gw udah ngebayangin dari SMA kalo kuliah itu bakal santai, banyak liburnya, baju bebas, rambut sesuka lo, dan sebagainya. Kenyataannya, ngga jauh-jauh beda sih tapi ada satu perbedaan yang sangat dalem dan gw yang udah kuliah selama 2 tahun ini ngerasain kalo sebenernya gaya kuliah itu adalah pilihan.

Seperti yang dah pernah gw ceritain, gw dah pernah kuliah sebelumnya di HI UNPAD. Awal masuk ya gw seperti ngerasain perasaan yang ngga asing, dan pertama kali masuk kelas (telat) gw ngerasain orang-orang dengan hawa-hawa orang pinter. "Anjir ni gw harus bersaing dengan orang-orang ginian". Sampai akhirnya ospek lah yang menyatukan kita. Gw suka banget ya sama gaya ospeknya HI UNPAD ini, kalo boleh gw ceritain teknisnya, ospek HI UNPAD dibagi jadi 2, ada ospek fakultas dan jurusan. Ospek fakultas seperti biasa acara pengenalan dengan lingkungan kampus yang tatibnya gw rasa professional banget. Cuma acaranya ngga terlalu asik (mungkin karena kurang spesifik ke jurusan masing"). Terus dilanjutin ke ospek jurusan. Nah ini acaranya gw akuin asik banget dimana pembicaranya dari jurusan HI dan ngomongin masalah HI. Tapi yang paling seru, ospek jurusan bukan cuma seminar singkat doank, rangkaian acaranya ada games tentang strategi dan perang, dan intinya ada di Simulasi Sidang United Nations. Gw ngga bisa lupa pengalaman waktu itu soalnya gw jadi Chairperson disitu hahaha. Dan uniknya, rangkain ospek jurusan HI UNPAD ngga berhenti sampe situ.

Puzzle Penyatu Angkatan Ospek Jurusan: Reformist 2010

Ada tantangan baru bagi angkatan 2010 HI UNPAD dimana kami diminta untuk membuat acara Pekan Olahraga Angkatan (PORANG) dan Makrab yang pesertanya mulai dari 2010 sampai alumni HI UNPAD (bisa sampe angkatan 2002). Ini jelas tantangan besar dimana kami diceritakan kalo tahun lalu itu sempet ada yang rusuh gara" wasit atau masalah kecil lainnya. Karena kami ngga ingin ada masalah, akhirnya kami pun membentuk panitia dan mengusahakan yang terbaik. Disini mulai keliatan yang mana yang aktif yang mana yang tidak. Untungnya gw masuk salah satu yang aktif hohoho. Selama acara, gw ngerasa kita kerja bareng, ketawa bareng, pusing bareng, berantem bareng, semuanya serba bareng. Dan itu gw bener" ngerasain kalo kami itu bener" nyatu sebagai 1 HI UNPAD 2010. Sampai di puncak rangkaian acara, yaitu MAKRAB HI UNPAD 2010. Disini kami mampu ngenyewa tempat yang cukup luas dan dekorasi yang keren abis. Dan akhirnya sukses besaar dan saat itu gw dah kenal setiap orang di HI UNPAD 2010. Bener" pengalaman yang mungkin ngga akan gw alamin lagi seumur hidup gw.



Sewaktu Simulasi Sidang United Nations


Disinilah yang gw bilang kalo kehidupan kuliah itu adalah pilihan. Lo bebas mau ngelakuin apa aja yang lo mau. Lo bebas mau ngelewat apapun yang lo benci, dan semua punya akibatnya masing-masing. Dan setelah gw telusurin, ternyata orang-orang yang ngga aktif di acara PORANG dan MAKRAB HI UNPAD 2010 adalah orang-orang yang memiliki kesibukan di luar itu. Macem" kesibukannya ada yang sibuk di organisasi kedaerahan, ikut lomba-lomba, konferensi, ataupun hanya di kost an menikmati santainya kuliah. Orang-orang yang ikut di organisasi kedaerahan lebih teguh dan kuat tentang daerahnya. Orang-orang yang ikut lomba-lomba bakal lebih berkembang pemikirannya dan bisa dapet teman baru di luar kampus. Orang-orang yang menikmati santainya kehidupan perkuliahan di kost an pun tetap mendapat keuntungan dimana lo bisa 'santai' menikmati hidup. Menurut gw, semua itu bagus dan memiliki trade-off masing-masing, tinggal gimana lo mau milih trade-off yang mana.

And yes! This is HI UNPAD 2010

Siang ini gw lagi mikirin teknis proker yang sedang gw kerjakan. Jujur aja sih, selama ini baru kali ini gw se-hectic ini. Padahal, biasanya gw orang yang paling santai sedunia. Disini gw mulai belajar gw bebas milih mau ngerjain ini proker atau engga. Bisa aja kan gw lepas ini proker dan gw suruh aja yang lain sibuk, tapi dari situ gw ngga akan dapet pembelajaran apa-apa. Terus apa sih untungnya ikut organisasi kalo ternyata bakalan stress? Dengan lo ikut organisasi lo bisa tau sifat-sifat orang. Dengan lo ikut organisasi lo bisa dapet 'keluarga' lo yang susah dan senang selalu bareng. Pada akhirnya lo bebas memilih mau masuk 'keluarga' yang mana, asalkan tetap memikirkan apa yang akan terjadi nanti dan benefit serta trade-off apa yang akan lo dapatkan.


~Ocha

Comments

Popular Posts